Thursday, September 5, 2013

Sejarah Steve Jobs dalam membangun Apple



Jobs memegang iPhone 4 putih di Worldwide Developers Conference 2010

Steven Paul "SteveJobs (lahir di San FranciscoCaliforniaAmerika Serikat24 Februari 1955 – meninggal di Palo Alto, CaliforniaAmerika Serikat5 Oktober 2011 pada umur 56 tahun) . Beikut sejarah steve jobs dalam membangun Apple.


1971 -- Bertemu dengan Steve Wozniak, rekannya dalam mendirikan Apple kelak.

1975 -- Mulai menghadiri pertemuan Homebrew Computer Club yang ditujukan untuk mereka yang tertarik mengenai komputer rumah.

1976 -- Jobs dan Wozniak mengumpulkan dana senilai US$ 1.750 dan membuat komputer pribadi pertama untuk dipasarkan, yaitu Apple.

1976 -- Mendirikan Apple Computer Company bersama Wozniak dan Ronald Wayne. Dua minggu, kemudian Wayne menjual seluruh saham miliknya.

1976 -- Jobs dan Wozniak meluncurkan Apple I seharga US$ 666,66, komputer single-board pertama dengan video interface dan Road Only Memory (ROM) yang menginstruksikan pada mesin bagaimana menjalankan program dari sumber eksternal.

1977 -- Apple menjadi sebuah perusahaan berbadan hukum bernama Apple Computer Incorporated.

1977 -- Apple meluncurkan Apple II, PC pertama yang digunakan secara luas di dunia. Tiga tahun kemudian Apple III diluncurkan.

1980 -- Apple menjadi perusahaan publik, dan pada hari pertama perdagangannya, harga saham Apple melonjak dari US$ 22 menjadi US$ 29.

1981 -- Jobs ikut serta dalam pengembangan Macintosh.

1983 -- Merekrut John Sculley sebagai Direktur dan CEO Apple.

1983 -- Mengumumkan Lisa, komputer pertama yang dikontrol dengan tetikus (mouse). Produk ini gagal di pasaran.

1984 -- Apple meluncurkan Macintosh dengan kampanye besar-besaran dalam pertandingan Super Bowl Monday.

1985 -- Jobs diturunkan dari kedudukannya oleh Sculley, orang yang diangkatnya sendiri sebagai CEO Apple. Ia kemudian mengundurkan diri dan membawa serta 5 karyawan Apple bersamanya.

1985 -- Mendirikan Next Incorporation yang mengembangkan software dan hardware komputer. Perusahaan ini belakangan diubah namanya menjadi Next Computer Inc.

1986 -- Membeli Pixar dari George Lucas dengan nilai kurang dari US$ 10 juta dan kemudian mengubah namanya menjadi Pixar Animation Studios.

1989 --Next meluncurkan komputer dengan monitor monokrom seharga US$ 6.500 bernama The Cube yang kemudian gagal di pasaran.

1996 -- Apple membeli Next seharga US$ 427 juta dan Jobs menjadi penasihat Direktur Apple, Gilber F. Amelio.

1997 -- Jobs menjabat CEO interim (sementara) Apple setelah Amelio lengser. Gaji yang diterimanya sebesar US$ 1.

1998 -- Apple merilis all-in-one iMac yang terjual jutaan unit dan memberi angin segar bagi keuangan perusahaan dan meroketkan harga sahamnya hingga 400 persen lebih tinggi. Tahun ini juga Apple mencatat keuntungan positif dalam empat kuarter berturut-turut.

2000 -- Jobs menjadi CEO tetap Apple.

2001 -- Apple mulai merangsek pasar elektronik dengan meluncurkan MP3 portabel bertajuk iPod yang terjual lebih dari 4,4 juta unit pada 2004.

2003 -- Jobs mengumumkan iTunes Music Store yang menjual lagu dan album yang telah dikodekan.

2004 -- Di bulan Agustus, Jobs didiagnosa menderita kanker pankreas dan menjalani operasi. Ia kembali bekerja pada September.

2007 -- Jobs mengumumkan iPhone, salah satu ponsel cerdas pertama yang tidak dilengkapi keyboard.

2008 -- Pada Desember, Apple mengumumkan Jobs tidak akan menghadiri dan memberikan sambutan pada Macworld Expo. Ini menimbulkan spekulasi mengenai keadaan kesehatannya.

2009 -- Pada awal Januari Jobs mengatakan penurunan drastis berat badannya disebabkan karena ketidakseimbangan hormon yang dideritanya. Seminggu kemudian ia mengatakan akan absen hingga Juni dari Apple hingga kondisi kesehatannya membaik.

Juni 2009 -- Wall Street Journal memberitakan bahwa Jobs menjalani transplantasi hati. Sebuah rumah sakit di Tenessee membenarkan berita tersebut. Bulan ini juga Apple menyatakan bahwa Jobs akan kembali bekerja di akhir bulan.

Januari 2010 -- Apple mengumumkan produk barunya, iPad, yang meledak di pasaran dalam waktu singkat, sekaligus menelurkan kategori baru untuk perangkat mobile computing.

Januari 2011 -- Apple kembali mengumumkan Jobs akan absen karena untuk pengobatan, tapi tidak ada keterangan lengkap mengenai kondisinya ataupun informasi kapan ia kembali bekerja. Hal ini memukul saham perusahaan dan juga mempengaruhi pengembangan produk dan bisnis.

Maret 2011 -- Rehat sejenak dari pengobatannya, Jobs muncul dalam sebuah event di San Francisco untuk memperkenalkan iPad 2.

Juni 2011 -- Masih dalam pengobatan, Jobs menyempatkan hadir dalam Worldwide Developers Conference di San Fransisco untuk memperkenalkan iCloud dan iOS 5. Beberapa hari kemudian, ia kembali muncul menghadap Dewan Kota Cupertino mengajukan proposal pembangunan kampus dengan bangunan serupa pesawat luar angkasa di kota tersebut.

Agustus 2011 -- Jobs mundur dari jabatannya sebagai CEO Apple. "Saya selalu mengatakan bila saya tidak bisa lagi menjalankan tugas, maka saya akan memberitahu kapan waktunya," kata Jobs dalam suratnya. "Dan hari itu kini telah tiba."

Jobs mengusulkan Tim Cook yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Operasi untuk menggantikannya. Meski mundur dari jabatan sebagai CEO, Jobs masih menjabat sebagai pimpinan direksi Apple.

No comments:

Post a Comment